Pages

Sunday, July 29, 2018

Perhelatan Asian Games Diprediksi Akan Mendongkrak Perekonomian di Daerah

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Perhelatan Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 diharapkan memberi dampak positif bagi ekonomi Indonesia.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai, perhelatan tersebut juga akan memberikan dampak positif bagi ekonomi seperti meningkatnya sektor pariwisata.

Baca: KSAU Pimpin Upacara Peringatan Hari Bakti TNI AU Ke-71

Bappenas mengestimasi, Asian Games 2018 bakal diikuti 11.429 atlet dari 45 negara dan bisa menarik 2 juta penonton dalam negeri dan 200 ribu wisatawan mancanegara dengan komposisi sebaran peserta 70 persen di Jakarta dan 30 persen di Palembang, Sumatera Selatan.

Baca: Politikus PSI Sebut Pernyataan Prabowo Soal Kemiskinan Hanya untuk Menggiring Opini Publik

"Perkiraan dampak langsung terhadap ekonomi DKI Jakarta sebesar Rp 22 triliun. Sedangkan dampak langsung perekonomian Sumatera Selatan Rp 18,5 triliun,” kata Bambang dalam acara diskusi di Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Ekonomi Daerah Bergeliat

Selain itu, perhelatan Asian Games juga memberikan dampak positif bagi menggeliatnya perekonomian di daerah.

Hal itu tercermin dari pengalaman Palembang saat menjadi tuan rumah event SEA Games 201 yang turut melibatkan 18 ribu pelaku UKM.

Secara makro, pertumbuhan ekonomi Palembang menyentuh level tertingginya pada periode 2011 - 2012 saat adanya perhelatan olahraga internasinal SEA Games.

Baca: Kapitra Ampera Akan Dukung Jokowi dalam Pilpres 2019

Selain itu, dampak lainnya, realisasi investasi asing pada 2016 di Sumatera Selatan meningkat ke posisi 4 dari periode sebelumnya di level belasan.

Let's block ads! (Why?)

kalo gak lengkang berita nya buka link di samping atau di bawah http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/29/perhelatan-asian-games-diprediksi-akan-mendongkrak-perekonomian-di-daerah

No comments:

Post a Comment