Pages

Monday, September 17, 2018

Jadwal Puasa Asyura 10 Muharram 1440 H/2018 Jatuh pada Kamis, 20 September, Doa Niat dan Keutamaan

TRIBUNNEWS.COM - Puasa Asyura dapat dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram 1440 Hijriyah atau pada Kamis, 20 September 2018.

Bulan Muharram menjadi salah satu bulan suci bagi umat Islam, selain bulan Ramadhan.

Keistimewaan tanggal 1 Muharram adalah berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.

Baca: Niat Puasa Asyura Sambut Bulan Muharram Tahun Baru Islam 2018, Bisa Hapuskan Dosa Setahun

Rasulullah SAW menyebut bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak amalan ibadah, salah satunya dengan berpuasa.

Dilansir TribunStyle.com dari infaqdakwahsenter.com, pada bulan Muharram, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memperbanyak ibadah puasa.

Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda:

‏أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

“Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah (syahrullah) Muharram. Sedangkan shalat malam merupakan shalat yang paling utama sesudah shalat fardhu” (HR. Muslim, no. 1982).

Salah satu amalan sunnah yang dapat ditunaikan adalah Puasa Asyura.

Sayyidah Aisyah, istri Nabi shallallahu 'alaihi wassalam menyatakan bahwa hari Asyura adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyah, Rasulullah juga ikut mengerjakannya.

Let's block ads! (Why?)

kalo gak lengkang berita nya buka link di samping atau di bawah http://www.tribunnews.com/nasional/2018/09/17/jadwal-puasa-asyura-10-muharram-1440-h2018-jatuh-pada-kamis-20-september-doa-niat-dan-keutamaan

No comments:

Post a Comment