Pages

Thursday, September 20, 2018

Aktivitas Gunung Anak Krakatau Menurun, Status Masih Waspada

loading...

LAMPUNG - Aktivitas kegempaan Gunung Anak Krakatau di Perairan Selat Sunda mulai menurun. Namun hingga saat ini status Gunung Anak Krakatau masih berada di level dua atau waspada. BMKG Provinsi Lampung mengimbau agar masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius dua kilometer.

Dari pantauan pos pengamatan Gunung Anak Krakatau di Desa Hargo Pancuran, Kecamatan Rajabasa,  Lampung Selatan, aktivitas gunung setinggi 813 meter tersebut menurun sejak Rabu (19/9/2018). Data Vulkanalogi Kegunungapian tercatat masih terjadi getaran tremor dengan amplitudo rendah, yakni antara 3-47 milimeter. Aktivitas ini cenderung menurun dibanding pecan lalu yang sempat mengeluarkan lava pijar. Terjadi kegempaan tremor terus-menerus dengan amplitudo antara 17-47 milimeter.

“Berkurangnya dentuman juga dirasakannya di pos pengamatan Gunung Anak Krakatau meski sulit dipantau kasat mata karena sudah dua bulan gunung anak krakatau tertutup kabut. Penurunannya dirasakan dari jarangnya terdengar dentuman atau letusan,” kata petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Suwarno, Kamis (20/9/2018).

Meski mengalami penurunan aktifitas, saat ini status Gunung Anak Krakatau masih berstatus waspada.  BMKG Provinsi Lampung menghimbau agar wisatawan dan warga menjauhi Gunung Anak Krakatau dengan radius 2 kilometer.

 

(amm)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link di samping atau di bawah buat baca kelanjutannya https://daerah.sindonews.com/read/1339814/174/aktivitas-gunung-anak-krakatau-menurun-status-masih-waspada-1537432077

No comments:

Post a Comment