Pages

Monday, August 13, 2018

Tekan Impor, Sri Mulyani Dorong PLN Pakai Komponen Lokal

loading...

JAKARTA - Pemerintah terus melakukan langkah untuk menaikkan cadangan devisa Indonesia. Salah satunya dengan meningkatkan ekspor dan mengurangi impor, guna mendorong neraca perdagangan.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, salah satu upaya dalam menahan laju impor adalah dengan mengurangi impor komponen barang yang bisa dioptimalkan dari dalam negeri. "Kalau kurangi impor berpotensi melemahkan pertumbuhan ekonomi, tetapi skenario seperti itu harus juga kita siapkan apabila situasi memang akan semakin dinamis dan menekan," jelasnya.

"Sementara, expenditure switching adalah bagaimana kita mengalihkan dari barang-barang yang biasanya kita impor menjadi menggunakan produksi dalam negeri," sambung Sri Mulyani di JS Luwansa, Jakarta, Senin (13/8/2018).

Dia melanjutkan, pemerintah juga telah memberlakukan kebijakan penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Hal itu diharapkan dapat mendorong pengurangan impor dan lebih banyak menggunakan komponen dalam negeri.

Untuk itu, Dia pun meminta agar PT PLN (Persero) bisa mengurangi impor terkait komponen infrastruktur kelistrikan. "Penggunaan B20 untuk kurangi impor minyak karena itu salah satu komponen terbesar dan barang-barang modal terutama infrastruktur kelistrikan (PLN) termasuk yang menggunakan cukup banyak barang modal yang di impor. Mereka sebetulnya memiliki policy TKDN, tetapi penggunaan komponen dalam negeri selama ini masih belum dipenuhi," tandasnya.

(akr)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link di samping atau di bawah buat baca kelanjutannya https://ekbis.sindonews.com/read/1330093/34/tekan-impor-sri-mulyani-dorong-pln-pakai-komponen-lokal-1534158485

No comments:

Post a Comment