Pages

Friday, August 3, 2018

Penambang Batu Kapur di Tuban Temukan Gua Cantik Tanpa Sengaja

TRIBUNNEWS.COM, TUBAN - Sebuah gua ditemukan di lokasi penambangan batu kapur, Dusun krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Gua tersebut ditemukan Kamis (2/8/2018), sekitar pukul 15.30 WIB, oleh seorang penambang tradisional yang juga warga setempat, Sudaryono (33).

Sudaryono saat itu tengah melakukan aktifitas penambangan batu kapur tradisional di lokasi.

.
Kondisi gua yang ada di lokasi penambangan batu kapur yang baru ditemukan warga, Jumat (3/8/2018) (surya/m sudarsono)

Sudaryono mengatakan, saat itu dia telah memotong batu kapur, lalu terdapat sebuah lubang kecil yang berhembus angin dari dalam.

Mengetahui itu, penambang yang juga warga sekitar tersebut akhirnya membuat lubang yang cukup untuk orang dewasa masuk.

"Ya awalnya saya menambang batu kapur, ternyata ada lubang yang didalamnya terdapat gua," ujarnya, Jumat (3/8/2018).

Dia menjelaskan, usai membuat lubang, lalu dia bersama warga turun dengan menggunakan alat tangga untuk mengecek kondisi di bawah.

Di dalam ternyata terdapat stalagtit dan stalagmit yang sangat indah, menyatu dengan langit-langit goa.

"Ada stalagtit dan stalagmit, kondisi masih alami. Alasnya juga masih tanah liat," terang dia ditemani warga lain.

.
Kondisi gua yang ada di lokasi penambangan batu kapur yang baru ditemukan warga, Jumat (3/8/2018). (surya/m sudarsono)

Dari hasil identifikasi bersama warga lainnya, gua tersebut diperkirakan memiliki panjang sekira 250 meter.

Rinciannya, dari titik pintu turun ke timur panjangnya 200 meter, sedangkan ke barat sekira 50 meter.

Warga belum bisa melakukan penyusuran sepenuhnya, diperkirakan masih ada ruang yang belum teridentifikasi.

"Sementara panjangnya gua sekira 250 meter, masih belum kita ketahui sepenuhnya," pungkasnya. (surya)

Let's block ads! (Why?)

kalo gak lengkang berita nya buka link di samping atau di bawah http://www.tribunnews.com/regional/2018/08/03/penambang-batu-kapur-di-tuban-temukan-gua-cantik-tanpa-sengaja

No comments:

Post a Comment