Pages

Thursday, July 26, 2018

Bahas Insiden Pemerkosaan WNI, Menlu RI Telpon Menlu Belanda

loading...

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Belanda, Stef Blok, semalam. Retno menelepon Blok untuk membahas insiden pemerkosaan yang menimpa seorang warga negara Indonesia (WNI) di Negeri Kincir Angin itu.

Dalam pernyataan pers yang diterima Sindonews pada Kamis (26/7), Kemlu RI menuturkan, dalam pembicaraan tersebut Retno meminta kepada Blok agar peristiwa ini mendapat perhatian khsusus dari pemerintah Belanda.

"Dalam komunikasi tersebut, Menlu Retno menyampaikan keprihatinan terhadap peristiwa yang menimpa seorang WNI di Belanda. Meskipun aparat penegak hukum Belanda sudah melakukan banyak hal pasca kejadian tersebut," bunyi keterangan Kemlu RI. 

"Menlu Retno meminta agar peristiwa ini diberikan perhatian khusus untuk memastikan pelakunya dihukum seberat-beratnya. Menanggapi hal tersebut, Menlu Stef Blok menyampaikan bahwa masyarakat Belanda sangat terkejut dengan kejadian ini. Karena itu, Menlu belanda menyampaikan simpati yang sedalam-dalamnya kepada korban dan keluarganya. Menlu Stef Blok juga memastikan bahwa kepolisian Belanda akan melakukan yang terbaik untuk menangkap dan menghukum pelaku," sambungnya.

Kemlu RI dalam pernyataannya kemudian menyatakan, bahwa Kakak dan ayah korban sudah berada di Rotterdam untuk mendampingi. Kedutaan Besar Indonesia di Den Haag, lanjut Kemlu RI memberikan asistensi yang dibutuhkan bagi keluarga korban.

"Sejak hari pertama mengetahui kejadian, wakil KBRI tetap berada di Rotterdam untuk mengantisipasi jika korban/keluarga membutuhkan dukungan dan sekaligus untuk koordinasi dengan otoritas setempat," sambungnya.

KBRI Den Haag sendiri diketahui telah memperoleh pemberitahuan dari Kepolisian Belanda, bahwa pelaku yang merupakan seorang pria berusia 18 tahun telah ditangkap.

(esn)

Let's block ads! (Why?)

Kalo berita nya gak lengkap buka link di samping atau di bawah buat baca kelanjutannya https://international.sindonews.com/read/1325346/40/bahas-insiden-pemerkosaan-wni-menlu-ri-telpon-menlu-belanda-1532609300

No comments:

Post a Comment